Tuesday, April 12, 2016

SULAP BUKU TUA JADI PATUNG-PATUNG UNIK


Seniman ini sulap buku tua jadi patung-patung unik 



 Brian Dettmer, seorang seniman yang berbasis di New York mendapat julukan Book Surgeon atau 'dokter bedah buku' di kalangan dunia seni. Pasalnya pria ini memang membuat karya-karyanya dengan peralatan dokter bedah dan keahlian layaknya dokter bedah pula.

Dilaporkan Bored Panda, Dettmer mengkhususkan diri untuk membuat karya seni dengan konsep daur ulang. Media yang dia pilih adalah buku-buku tua. Ia menggunakan buku peta, ensiklopedia, buku teks, manual, novel, atau buku apa pun yang cukup tebal dan sudah tak terpakai.

Dettmer mengubah buku-buku tua yang sudah tak terpakai menjadi patung-patung unik dengan detail rumit. Dettmer menggunakan pinset, pisau, pisau bedah, dan alat-alat bedah lainnya untuk 'membedah' dan mengukir buku-buku lama hingga menjadi karya ukir yang mengagumkan. Seperti ini bentuk awal buku yang 'dibedah' oleh Dettmer.

Photo by Brian Dettmer via Bored Panda

Dan beginilah hasil yang didapat setelah seluruh rangkaian proses kreatif Dettmer berakhir.





Photo by Brian Dettmer via Bored Panda

Oleh para pengamat seni karya Dettmer dianggap memiliki sentuhan vintage karena menggunakan buku-buku bersampul tebal dan kuno, dengan halaman-halaman tua yang sudah menguning. Meskipun buku-buku tersebut tak lagi bisa dibaca, paling tidak ia masih tetap berharga karena nilai seni dan bukti kreativitas Dettmer yang terabadikan di sana.


Photo by Brian Dettmer via Bored Panda

Dettmer sendiri memiliki pandangan yang cukup unik mengenai karya-karyanya itu. "Karya saya adalah sebuah kolaborasi antara bahan yang ada berikut penciptanya di masa lalu dan hasil akhirnya menampilkan hubungan yang baru dari unsur internal buku-buku tersebut yang telah ada sejak buku-buku itu pertama kali diciptakan."

sumber: http://www.merdeka.com/gaya/seniman-ini-sulap-buku-tua-jadi-patung-patung-unik.html

No comments:

Post a Comment