Tuesday, November 12, 2013

Guru-Siswa Pamerkan Karya Seni Rupa

Jum`at, 28 Desember 2012 13:27:47  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 324
Guru-Siswa Pamerkan Karya Seni Rupa
KEPANJEN – Dalam waktu yang hampir bersamaan, karya seni guru-siswa dipamerkan untuk mendapatkan apresisasi. Selama Senin-Sabtu (17-22/12) pekan lalu, ratusan karya seni rupa guru terpajang di aula pendopo kantor Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang. Sementara, untuk mewadahi kreativitas dan bakat seni siswa, pameran serupa juga digelar siswa kelas X SMA Negeri 1 Singosari, Selasa-Jumat (18–21/12) lalu.
Dalam pameran ini, puluhan karya lukis, keramik, batik, dan kerajinan topeng yang sebagian besar karya guru seni yang tergabung dalam MGMP Seni SMP Kabupaten Malang terpajang memenuhi ruangan terbuka kantor Dindik di Jl Penarukan Kepanjen. sedangkan, beberapa sudut dan halaman sekolah SMAN 1 Singosari menjadi lokasi pameran untuk memajang berbagai karya seni rupa, diantaranya lukisan serta karya seni batik beragam motif.
Pembina ekstrakurikuler seni lukis SMAN 1 Singosari Samunir SPd mengatakan, pameran ini sengaja digelar untuk mengisi waktu kosong usai ujian semester ganjil. Pameran karya seni siswa ini juga dipersembahkan untuk umum, khususnya kepada wali murid yang sedang mengambil raport. Di sela-sela pengambilan raport, orang tua juga bebas melihat dan mengapresiasi karya seni anak-anak mereka.
Dikatakan ia, melalui pameran ini, semua hasil karya siswa bisa ditonton publik serta civitas akademika SMAN 1. Tentunya mereka merasa bangga dan lebih termotivasi untuk berkarya lebih baik lagi. Sehingga bakat seni mereka terus berkembang.
“SMAN 1 Singosari membina dan mengembangkan bakat  seni siswa melalui ekstrakurikuler. Pameran ini teragenda rutin setiap semester,” demikian Samunir.
Pameran karya seni ini, tambahnya, sekaligus untuk membuktikan kualitas karya mereka kepada publik. Sebagai motivasi, para pembuat karya seni ini juga menerima saran serta kritik agar karya seni yang dihasilkan ke depan lebih baik dan sempurna.
Selain dipamerkan, pengunjung dapat membeli karya-karya siswa ini. Khusus batik, siswa juga menampilkan aneka karya batik dalam bentuk busana, souvenir cantik dan beberapa motif batik menarik. sup-KP 

No comments:

Post a Comment